Review Jenis Power Supply yang Sering digunakan Pada Komputer

0 0
Read Time:2 Minute, 42 Second

Power supply atau pencatu daya merupakan salah satu hardware yang digunakan untuk menunjang kinerja komputer. Kehadiran perangkat lunak yang ada di dalam CPU ini menjadi komponen yang sangat penting agar motherboard dapat hidup dan berjalan normal. Alasannya dikarenakan power supply berfungsi untuk menyediakan dan mengalirkan listrik.

Sistem dari kerja power supply juga tergolong sangat sederhana. Perangkat ini akan menerima listrik dari sumber utama yang kemudian daya listriknya diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari komponen. Terdapat beberapa jenis power supply yang perlu kamu ketahui. Di bawah ini review jenis power supply untuk perangkat komputer.

Review Jenis Power Supply

Seiring perkembangan zaman, terdapat beberapa jenis power supply yang bisa digunakan untuk perangkat komputer. Umumnya, jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan dengan karakteristiknya. Selain itu, kemampuan yang ditawarkan juga berbeda sehingga kamu perlu mengetahuinya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan power supply sesuai keinginan.

1. Power Supply BTX

Power supply BTX merupakan perangkat keras yang sering digunakan untuk kebutuhan komputer di perkantoran ataupun rumahan. Pada power supply ini memiliki karakteristik yang terdiri dari dua jenis kabel, yakni kabel power yang mengarah langsung ke bagian motherboard dengan jumlah 24 pin serta kabel SATA yang memiliki pin sebanyak 15.

Pada power supply ini memiliki daya yang relatif cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk kamu dalam kebutuhan bermain game. Tidak hanya itu, bagi kamu yang sering bergelut di dunia grafis tentunya perangkat keras jenis ini juga sangat dibutuhkan. Hal ini juga yang menjadikan power supply BTX banyak dipilih oleh pengguna.

Meski memiliki daya yang tinggi, konsumsi listrik yang digunakan jauh lebih efisien dibandingkan dengan power supply jenis lainnya. Kamu juga bisa menyandingkan perangkat ini dengan komponen prosessor Dual Core hingga CPU AMD versi terbaru. Kehadiran power supply BTX dapat membuat performa komputer kamu menjadi lebih optimal.

2. Power Supply ATX

Review jenis power supply lainnya adalah versi ATX atau Advance Technology Extended. Jenis ini merupakan pembaruan dari versi sebelumnya, yakni power supply AT. Umumnya, perangkat keras ini lebih sering digunakan untuk perangkat komputer perkantoran. Hal ini dikarenakan power supply ATX memiliki sistem on/off tersendiri.

Tentunya kehadiran kemampuan ini membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam pengoperasian. Power supply ATX memiliki keunggulan otomatis dibandingkan versi sebelumnya yang masih memerlukan cara manual. Kemudian, karakteristik dari power supply ini, yaitu memiliki konektor pembangkit daya dengan jumlah pin sebanyak 20.

Berbeda dengan jenis power supply BTX yang bisa menunjang beberapa spesifikasi untuk perangkat komputer tinggi, pada jenis ATX sendiri lebih terbatas dan diperuntukkan secara khusus untuk komputer tertentu.

3. Power Supply AT

Jenis yang terakhir yang mungkin pernah kamu temukan adalah Power Supply AT. Pada power supply ini merupakan generasi pertama yang saat ini sudah jarang digunakan untuk komputer. Pasalnya, power supply lawas ini hanya dikhususkan untuk perangkat komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Jenis power supply ini termasuk sangat lama digunakan pada perangkat komputer. AT sendiri merupakan hardware yang dirancang untuk kebutuhan motherboard AT. Seperti yang diketahui bahwa motherboard AT hanya support untuk prosessor Pentium 3 dan Pentium 4. Selain itu, karakteristik power supply ini memiliki konektor sebanyak 12 pin.

Review jenis power supply menjadi sangat penting untuk kamu ketahui agar komputer yang dimiliki dapat berjalan dengan maksimal. Pasalnya, power supply memiliki kemampuan untuk menyediakan dan mengalirkan listrik dari sumber utama ke bagian komponen-komponen yang ada di motherboard.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next post Review Laptop ASUS BR1100 Untuk Kebutuhan Sekolah Online